Background




IYND 2011 merupakan kegiatan yang digagas dan dipelopori oleh alumni Study in The United State Institute (SUSI) on New Media 2010, bekerjasama dengan AED, US Embassy Jakarta, dan @america.

SUSI merupakan program beasiswa singkat (sejenis summer school) yang disponsori penuh oleh pemerintah Amerika Serikat bagi para pemuda yang masih terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi dari 3 negara di Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, dan Filipina), untuk mendalami "the new emerging media" abad ini dan pengaruhnya dalam menciptakan perubahan sosial.

Di tengah perkembangan media baru (new media) dan teknologi informasi yang semakin pesat, muncul fakta bahwa dari sekitar 30 juta pengguna internet aktif di Indonesia, mayoritasnya berasal dari kalangan anak muda. 

Melihat kenyataan ini, media baru yang diwakilkan lewat teknologi internet menjadi kekuatan tersendiri bagi munculnya situs-situs jejaring sosial (sosial media), seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Google+, dan lainnya.

Komunikasi dan penyebaran pesan menjadi lebih mudah. Bahkan, sosial media kini diidentikan dengan simbol eksistensi diri bagi seseorang. 

Meski demikian, dampak dan pengaruh moral yang ditimbulkannya pun tidaklah kecil. Tak jarang malah menimbulkan kriminalitas dalam dunia maya (cyber crime).

Berdasarkan pertimbangan tersebut, IYND mencoba untuk memberikan gambaran komprehensif kepada para pemuda tentang pentingnya menjadi pengguna internet yang bertanggungjawab (responsible netizen) dan bagaimana memanfaatkan kehadiran sosial media bukan sekadar menjadi media eksistensi diri saja, tapi  juga sebagai alat untuk memberikan dampak terhadap pergerakan dan perubahan sosial, mengingat mayoritas pengguna internet datang dari kalangan pemuda.


Output:
-Peserta mengetahui bagaimana cara menjadi pengguna internet yang bertanggungjawab

-Peserta mengetahui manfaat sosial media untuk mendukung atau menciptakan gerakan dan perubahan sosial

-Peserta termotivasi untuk melakukan perubahan. Dalam hal ini mereka mampu menjadi opinion leader di lingkungannya sebagai responsible netizen dan social media users who promote social change